Rabu, 10 Juni 2009

Obat Sariawan

Pernah sariawan? Kemungkinan besar pernah. Tapi kalau setiap bulan sariawan 2-3x? Itu jarang ada. Tapi itulah yang sering saya alami. Sakit sariawan itu paling enggak enak (actually semua sakit emang ga enak:( ). Sebagai penggemar sariawan saya akan sharing mengenai obat yang pernah saya gunakan..


  1. Daun saga. Ini yang paling banyak digunakan. Daun saga ada dalam bentuk bubuk yang dijual ditoko obat dalam botol kecil. Kalau tidak salah namanya ouw pun san. Cara menggunakannya dengan menaburkan dibagian yang sakit. Rasanya dingin, agak sedikit pahit.
  2. Pasta gigi Enzim. Rupanya ini merupakan bahan pencegah sariawan, bagi yang sering sariawan pasta gigi ini mengandung zat aktif yang cukup mumpuni. Asal jangan kegigit yah, nah klo ke gigit ya pasta gigi ini gak bermakna lagi,
  3. GOM. Rasanya manis, bentuknya cair dan cara menggunakannya dengan meneteskan pada bagian yang sariawan. Kalau untuk anak kecil cocok, karena manisnya pasti digemari. Tapi hati-hati meletakkannya, jangan ada dalam jangkauan anak kecil. Ya dari pada dikira permen cari trus diminum?
  4. Enkasari. Merupakan jamu untuk sariawan, penggunaanya dengan kumur dan ditelan. Rasanya manis dan berasa menthol (daun saga).
  5. Albothyl. Mengandung konsentrat policresulen. Penggunaannya dilakukan dengna cara meneteskan pada bagian yang sariawan. Rasanya pedih setengah mati. Tapi tenang, dengan ramuan yang baru si assisten apoteker saya tanyai:
Saya: Obat sariawan yang paling bagus apa?
Ass.Apt: "Albothyl"
Saya: "kan perih mbak"
Asst.Apt: "ini formula baru dan tidak pedik kok".
Saya: "Yang bener mbak!!"
Asst.Apt:"Bener kok pak!!"
Saya: "Emang pernah coba?"
Asst. Apt: "Ya, cepat banget sembuhnya"
Saya: "Oke saya ambil satu"

Dari ke-lima obat tersebut menurut pengalaman saya, yang paling bagus berturut-turut adalah:
  1. Albhotyl *****
  2. Enzim****
  3. Enkasari***
  4. GOM**
  5. Ouw pun san**

Rekomendasi berdasarkan pengalaman: Untuk yang tahan terahadap pedih gunakanlah Albothyl. Gunakan pasta gigi Enzim, ini akan membantu mengurangi frekuensi sariawan. Sebelum menggunakan Enzim, saya telah bertahun-tahun hampir tiap minggu sariawan. Namun setelah menggunakan pasta gigi ini menjadi berkurang, kadang sebulan sekali, kadang dua bulan sekali atau kadang-kadang sebulan dua kali.

Semoga bermanfaat!!

1 komentar:

  1. iya,sebel banget klo lagi sariawan,aku juga pernah dalam sebulan sariawan ga berhenti,yang satu sembuh eehh..sebelah lain mulai sariawan lagi,makanya semua obat itu dah pernah kucoba kecuali albotil,iih..belum berani..katanya perih banget ya

    BalasHapus